SATRIA MUDA K410 ib





Perusahaan Otobus (PO) Satria Muda, Purwokerto, Jawa Tengah, telah melakukan pembelian bus  yang memiliki tenaga besar, Scania K410IB 6×2*4. Bus dengan bodi garapan Karoseri Adi Putro, Malang, ini terbilang istimewa lantaran memiliki 3 axle dan menjadi bus Scania pertama di pasar Indonesia yang memiliki spesifikasi kaki-kaki seperti ini.
Bus ini merupakan kompetitor telak buat bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 yang sudah lebih dulu mengaspal di pasar Indonesia.
Sama-sama bermesin disel ramah lingkungan, dibandingkan dengan OC 500 RF 2542, tenaga maksimum yang mampu dihasilkan Scania K410 IB 6×2*4 memang terpaut sedikit lebih kecil, yakni 410 horse power. Sementara OC 500 RF 2542 memiliki tenaga maksimum 420 horse power.
Scania K410IB diposisikan sebagai bus premium untuk melayani kebutuhan pengusaha untuk armada antarkota-antarprovinsi maupun untuk bus pariwisata yang menawarkan kenyamanan maksimum untuk penumpang di kabinnya.
Berdasar data yang mobilkomersial.com dapatkan dari PT United Tractors Tbk, agen tunggal pemegang merk bus Scania di Indonesia, Scania K410IB 6X2*4 dibekali fitur transmisi canggih Opticruise.
Mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimum 410 HP atau 306 Kw pada 1.900 rpm. Salah satu ciri khas dari mesin bus Scania adalah irit konsumsi bahan bakar. Sistem pembakaran dikendalikan melalui engine management system untuk memberikan proses pembakaran sempurna dengan keluaran tenaga maksimal pada putaran rendah, di 2.000 Nm pada 1.000 sampai 1. 350 rpm. Sementara, standar emisinya sudah memenuhi standar Euro 3 yang ramah lingkungan.
Setelah dipasangi bodi dari karoseri, kabin bus ini mampu mengakomodasi penumpang sebanyak 41 seat.
Menurut Harijadi Mawardi, Kepala Divisi Pemasaran Truk & Bus PT United Tractors Tbk (UT),  bus ini dilengkapi fitur keamanan maksimum berupa Electronic Braking System (EBS) dan Anti Lock Brake System (ABS), retarder, bus stop brake dan fitur hill hold yang membuat bus tidak mengalami rollback saat berhenti pada tanjakan.
Untuk fitur kenyamanan, bus ini memiliki kenyamanan dengan memiliki fitur Fast Boarding yang dikendalikan menggunakan Electronic Levelling Control (ELC) karena ketinggian bus dapat diatur untuk mempermudah akses keluar dan masuk penumpang.
spesifikasi scania k410 ib :
 Delivery chassis illustration
Mesin
13 liter DC13 107 EURO 3
4-stroke 6-silinder in-line, 4-katup per silinder,
turbo-charged, Intercooler, injeksi Scania PD(memisahkan Unit injector elektromagnetik terkontrol)
dan Pembersih udara.

Maximum Output
301 kW (410 hp) @ 1,900 r/min

Torsi Maksimum
2,000 Nm @ 1,000 – 1,350 r/min

Equipped with:
Cruise Control
Speed Limiter
Centrifugal engine oil cleaner

Gearbox
GR875R, 8-speed Scania Opticruise with kick-down
and oil cooling for gearbox.

Retarder
Scania Retarder – automatic and manual control.

Axle Gear
R660, gear ratio 2.73

Pendingin
Hydraulic driven, temperature - regulated cooling fan
at 80°C.

Sistem bahan bakar
500 liter tangki aluminium, sasis filter bahan bakar dipasang
dengan pemisah air.

BRAKES AND SAFETY
Rem cakram di depan dan poros belakang, rem udara penuh dengan
sirkuit independen untuk depan, belakang & parkir sirkuit,
dengan mengikuti sebagai standar :
• Electronic Stability Programme (ESP)
• Dikontrol secara elektronik Anti-lock Braking System
(EBS)
• Traction Control (TC)
• Interlock valve with parking brake
• Asbestos-free linings
• Hill Hold function

Pengering Udara
Kapasitas tinggi pengering udara dengan kompresor cerdas
kontrol dan minyak pemisah.

SUSPENSION
Front (2) and rear (4) and tag axle (2) air bellows, with
heavy duty shock absorbers, anti-roll bars on all axles.
Total raising and lowering suspension.

STEERING
Hidrolik bertenaga. Kemudi sepenuhnya disesuaikan
Kolom roda, dengan mekanisme penguncian bertenaga udara.
Right hand drive.

SENSOR KEBAKARAN ALARM
3 sensor (tiga) alarm kebakaran terletak di mesin
compartment.

SISTEM LISTRIK
Alternator: Heavy duty 150A + 150A
Master Switch: Terletak di baterai
Baterai: 2 x 220 kapasitas Ah
(Bebas perawatan)

Ban dan rims
295/80 R22.5 ban tubeless pada 9.00 x 22,5 rims
di bagian depan dan belakang dengan cadangan,.

Teknis SPEC
Beban gardan Depan (Max): 7.500 kg
Beban gardan Belakang (Max): 11.500 kg
Beban Tag poros (Max): 6.000 kg
Berat kotor kendaraan: 25.000 kg
Dimensi
Jarak sumbu roda (A): 5.850 mm (variabel)
Jarak Bogie (B): 1.300 mm
Overhang depan (I): 2.500 mm
Overhang belakang (J): 4.000 mm
Chasis panjang: 12.350 mm (variabel)
Lebar Chassis: 2.500 mm

WHEEL LOCK : 52° (max)

TURNING CIRCLE (Ø) : 20.1 m, kerb-to-kerb 
SUMBER: http://jalurbus.blogspot.co.id/2016/05/spesifikasi-scania-k410ib-dengan.html

SUMBER KE 2:http://mobilkomersial.com/2017/02/lebih-dekat-bus-terbaru-scania-k410-ib-6x24/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MERCEDES BENZ OC 500 RF 2542